Beberapa puluh Rekor Ronaldo-Messi yang Akan Buat Kamu Memikir: Mereka Ini Manusia atau Bukan Sich?

Perbandingan Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi dalam kerangka pesepak bola nomor satu di dunia telah sering dibahas, serta condong menjemukan. Karenanya, kesempatan ini Bola.net ingin menunjukkan jika Ronaldo-Messi saling bermain di level yang jauh semakin tinggi dari juta-an pesepak bola yang lain.

Bukannya menduelkan kedua-duanya, kelihatannya semakin menarik membahas ‘jurang kualitas’ yang dibuat Ronaldo-Messi dari kompetitor-pesaingnya. Semasa 15 tahun paling akhir, kedua-duanya terus memimpin muka sepak bola Eropa serta dunia.

Secara singkat, sebetulnya terdapat beberapa pesepak bola yang bermain di level tinggi. Sebutlah saja Luis Suarez, Neymar, Eden Hazard, serta beberapa nama yang lain. Tetapi, Ronaldo-Messi masih begitu jauh dari capaian mereka, kedua-duanya pimpin di level yang beberapa tingkat semakin tinggi.

Jurang kualitas ini dibuktikan dengan rekor-rekor yang digenggam Ronaldo-Messi. Untuk contoh, Messi unggul dengan 6 piala Ballon d’Or, Ronaldo dengan 5 piala. Tertera, selama riwayat tidak ada pemain yang sempat mendapatkan semakin dari 3 piala Ballon d’Or sebelum masa Ronaldo-Messi.

Menarik kan? Kurang lebih rekor apa yang menunjukkan ketidaksamaan kualitas Ronaldo-Messi di pucuk daftar pemain paling baik di dunia? ]

Gol paling banyak di lima liga teratas Eropa

Ronaldo: 440
Messi: 438

Trivia: Seandainya kedua-duanya tidak cetak gol lagi di liga serta Harry Kane cetak 30 gol per musim dalam 10 tahun ke depan, ia masih minus empat gol dari rekor Ronaldo.

Gol paling banyak dalam satu musim liga

Messi: 73
Ronaldo: 61

Trivia: Ada tiga peraih Golden Boot Premier League musim 2018/29 lalu: Sadio Mane, Mohamed Salah, serta Pierre Emerick Aubameyang yang saling cetak 22 gol. Seandainya catatan ke-3nya dijumlahkan (66) juga masih minus 7 gol dari rekor Messi seorang.

Catatan minimum 50 gol satu musim dengan cara berturut-turut

Ronaldo: 6 (berturut-turut)
Messi: 3 (keseluruhan 6 musim)

Trivia: Cuma ada empat pemain dalam riwayat lima liga teratas Eropa yang sempat tutup musim dengan sedikitnya 50 gol. Ronaldo serta Messi masuk barisan spesial itu.

Gol paling banyak pada sebuah tahun kalender (club serta internasional)

Messi: 91 (2011)
Ronaldo: 69 (2012)

Trivia: 91 gol pada sebuah tahun kalender, 12 bulan. Gampangnya, Messi dapat cetak rata-rata 1, 75 gol tiap minggu semasa setahun penuh. Di lain sisi, ada Ronaldo yang menggenggam rekor gol internasional paling banyak pada sebuah tahun kalender: 32 gol (Messi: 25)

Gol paling banyak di Liga Champions

Ronaldo: 128
Messi: 114

Trivia: Ronaldo serta Messi semasing melebihi banyak nama teratas. Seandainya koleksi Ruud van Nistelrooy (56) serta Thierry Henry (50) ditambah lagi, hasilnya tidak dapat melebihi catatan messi serta Ronaldo. Ronaldo pimpin jumlah assists paling banyak (39), Messi nomor dua.

Gol paling banyak dalam satu musim Liga Champions

Ronaldo: 17
Messi: 14

Trivia: untuk satu ini Ronaldo hampir tidak tertandingi. Ia memimpin tiga besar top skor UCl dengan 17 gol (2013/14), 16 gol, serta 15 gol. Messi ikuti dengan 14 gol.

Ballon d’Or terbanyak

Messi: 6
Ronaldo: 5

Trivia: Messi menggenggam rekor kurun waktu terlama di antara kesuksesan mendapatkan Ballon d’Or. Piala ke enam Messi tiba satu dasawarsa sesudah piala pertama kalinya. Sampai saat ini, tidak ada pemain lain yang dekati rekor Messi serta Ronaldo (optimal 3 piala)

Golden shoe paling banyak

Messi: 6
Ronaldo: 4

Trivia: Tidak ada pemain lain yang punyai koleksi semakin dari dua

Hattrick paling banyak (club serta internasional)

Ronaldo: 56
Messi: 52

Trivia: Ronaldo mengumpulkan 34 hattricks untuk Real Madrid, Messi 36 hattricks untuk Barcelona. Untuk perbandingan, rekor hattrick Premier league digenggam Sergio Aguero dengan 12 trigol saja.

Trivia Ronaldo

Ronaldo cetak gol internasional paling banyak di panggung Eropa (99), ia masih minus 10 gol dari rekor dunia yang diciptakan Ali Daei

Ronaldo menggenggam rekor untuk team internasional yang terbanyak ia bobol (41)

Ronaldo adalah pemain pertama yang dapat cetak gol dalam 10 kompetisi internasional dengan cara berturut-turut (4 Euro, 4 Piala Dunia, 2 Piala Konfederasi)

Ronaldo ialah salah satu pemain yang dapat cetak gol di partai final Liga Champions dengan dua team tidak sama (MU serta Real Madrid)

Ronaldo ialah salah satu pemain yang dapat cetak 10 gol ke gawang satu team di Liga Champions (Juventus)

Ronaldo, bersama-sama Zlatan Ibrahimovic, ialah salah satu pemain yang sempat cetak gol di tiap menit laga sah (1-90)

Ronaldo ialah pemain pertama yang dapat memenangkan kelas paling tinggi Liga Inggris, Spanyol, serta Italia

Trivia Messi

Messi ialah salah satu pemain yang dapat cetak semakin dari 40 gol dalam 10 musim berturut-turut

Messi menggenggam rekor pembuat gol paling banyak dalam riwayat La Liga dengan 438 gol, Ronaldo nomor dua dengan 311 gol

Messi ialah salah satu pemain yang sempat membobol gawang semua team pada sebuah musim liga (19 musuh, 30 gol pada musim 2011/12)

Messi serta Ronaldo saling menggenggam rekor performa paling banyak di FIFPro World XI (13 kali)

Masih perlu dibanding?

Barisan rekor di atas memperjelas satu hal: Ronaldo serta Messi ada di dunia tidak sama. Ada jurang yang demikian lebar, yang memisahkan Ronaldo-Messi dengan beberapa pemain hebat yang lain di dunia sepak bola.

Generasi pencinta sepak bola sekarang sebetulnya mujur dapat melihat langsung beberapa aksi paling baik Messi serta Ronaldo di lapangan. Karenanya, dibanding berdiskusi mengenai siapa yang nomor satu, kelihatannya lebih bagus memakai waktu untuk menghargai mereka berdua.

Karena, sepahit apa saja, kenyataannya Messi serta Ronaldo tidak dapat bermain selama-lamanya. Mereka akan selekasnya pensiun, sepak bola akan kehilangan dua bakat terbaik selama hidup.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *